Selasa, 18 Juli 2017

RAR



RAR



Perkembangan teknologi informasi selalu menjadi daya tarik bagi orang-orang yang haus akan berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh keberadaannya. Mulai dari hal yang kecil hingga hal yang paling kompleks telah terpengaruhi oleh teknologi informasi. Adapun pada postingan kali ini saya ingin memberikan sedikit ilmu yang merupakan terapan teknologi informasi terhadap file di dalam komputer yang Insya Allah bermanfaat bagi teman-teman semua, yakni tentang cara membuka file RAR.

Sebelum masuk ke pembahasan utama mengenai
 cara membuka file RAR, mari kita pelajari sedikit tentang apa itu file RAR dan apa fungsinya? Dari sumber yang saya baca, nama RAR sebenarnya hanyalah sebuah merk yang diberikan oleh pembuat algoritma / rumus pengecilan data tersebut. Dari pengertian ini dapat kita simpulkan bahwa RAR merupakan sebuah algoritma /rumus yang berfungsi untuk mengkompres atau mengecilkan penggunaan memori suatu file. Algoritma ini berbentuk software dimana sangat berguna apabila kita ingin meminimalisir penggunaan memori suatu file di dalam folder komputer, flashdisc ataupun alat penyimpanan berbasis teknologi lainnya.

Postingan ini tidak akan menjelaskan bagaimana
 cara membuat file RAR, namun lebih memfokuskan pada cara membuka file RAR.

Belum banyak teman-teman yang tahu cara ini. Sebagaimana yang pernah saya alami dulu, saya sempat kebingungan saat mengetahui beberapa file saya berubah menjadi file RAR. Semua file penting masuk didalamnya. Saya berusaha untuk mencari jalan keluar, mulai dari bertanya kepada teman-teman saya hingga mengotak-atik sendiri, namun hasilnya nihil. Akhirnya saya menemukan pemecahannya beberapa bulan setelah kejadian tersebut. Saya menemukan artikel
 cara membuka file RAR setelah searching di google. "kenapa gak dari dulu?" demikian pikir saya (maklum dulu masih asing dengan teknologi informasi ^_^ ).

Oleh karena itu, melalui postingan ini saya ingin membantu teman-teman yang kebingungan bagaimana
 cara membuka file RAR. Ikutilah langkah-langkah di bawah ini supaya lebih jelas :




 1. Pilihlah file RAR yang akan dibuka / diextract

2. Klik kanan file tersebut, disana ada 3 pilihan alternatif yang masing-masing memiliki pebedaan sebagai berikut:



  • Extract files : berguna untuk membuka file RAR, dimana file yang terdapat di dalam file RAR tersebut dapat diletakkan pada folder yang teman-teman kehendaki.
  • Extract here : berguna untuk membuka file RAR, dimana file yang terdapat di dalam file RAR tersebut secara otomatis diletakkan di dalam folder yang sama dengan file RAR-nya.
  • Extract to .. : berguna untuk membuka file RAR, dimana file yang terdapat di dalam file RAR tersebut secara otomatis diletakkan di dalam folder baru yang terletak dalam satu folder dengan file RAR-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar